Cari Blog Ini

Rabu, 29 Desember 2010

Energi Dari KOTAK

Energi Dari KOTAK
Rabu, 24 November 2010 15:04
KOTAK, band yang telah menelurkan dua album yang bergenre rock, sepertinya nggak ingin berhenti berkarya. Melalui album ketiganya yang bertajuk ‘Energi’, Kotak kembali menyapa Kerabat Kotak-sebutan untuk fans Kotak yang dirilis pada pertengahan November 2010 ini.
Album ini berisi 9 lagu baru yang banyak bercerita tentang cinta dan persahabatan. The Most Favourite Breakhtrought Artist 2009 versi MTV Indonesia Awards ini serasa benar-benar menyapa para penggemarnya melalui 2 lagu khusus dalam album baru ini yang mereka dedikasikan untuk Kerabat Kotak. Judul lagunya pun sama dengan judul album dan sebutan fans mereka, yaitu “Energi” dan “Kerabat Kotak”.
Pasti Sobat M-Teens bertanya-tanya kenapa nama Album ini adalah energi. Judul ini dipilih karena personil Kotak merasa Kerabat Kotak memberikan suntikan energi kepada Tantri dan kawan-kawan. Teriakan dan kehadiran kerabat Kotak menjadikan personil Kotak menjadi lebih berenergi.
Tantri, sang vokalis menambahkan, album ini merupakan ungkapan kegembiraan dan cerita tentang Kerabat Kotak yang selalu mendukung. Cewek yang bernama lengkap Tantri Syalindri Ichlasari ini menjelaskan di lagu tersebut dia menemukan banyak cinta dan pertemanan antar Kerabat Kotak dan Kotak sendiri saat di panggung dan akhirnya diluapkan ke dalam lagu.
Lebih lanjut Tantri mengatakan bahwa dia sadar betul arti penting penggemar bagi bandnya. "Menurut kita energi Kerabat Kotak itu adalah energi yang bisa kita serap waktu kita di atas panggung, pas kita bikin lirik, pas kita ketemu bareng," terangnya.
Dalam album terbarunya, band yang terbentuk dari ajang pencarian bakat ini, masih tetap mengusung aliran musik yang setipe dengan album sebelumnya, yakni gabungan musik rock dan ballads atau Tantri lebih suka menyebutnya rock industrial.
Unsur ini dapat dirasakan lewat single bertajuk Pelan-Pelan Saja yang menjadi salah satu jagoan dalam album ini.  Terasa sekali nuansa rock lewat alunan gitar Cella yang dibalut dengan suara serak Tantri. Single ini sudah diluncurkan beberapa waktu seblum album ini resmi dilaunching dan menjadi hits selama beberapa minggu.
Single kedua menyusul yang juga menjadi langganan peringkat atas tangga lagu adalah ‘Selalu Cinta’. Single ini disebut oleh Posan, Cella, Tantri, dan Chua sebagai single terakhir yang musiknya pelan. Secara kebetulan pula, lagu yang diciptakan oleh Kotak, Dewiq, dan Pay ini merupakan single terakhir dari trilogi yang mereka buat. Dimulai dari ‘Masih Cinta’ yang terdapat di album Kotak Kedua, kemudian ‘Pelan-Pelan Saja’ dan yang terakhir ‘Selalu Cinta’.
Tracklist dalam album ini yang layak banget untuk direkomendasikan antara lain Terbang (New Version), Pelan-Pelan Saja, T.O.P, Kerabat Kotak, Selalu Cinta, Cuci Mata, Cinta Jangan Pergi, Energi dan Ku Ingin Sendiri.
Oh iya, Dan di album ini, Tantri juga mencoba untuk menciptakan lagu walau malu untuk menunjukkan karyanya. "Sebenarnya nggak boleh malu kayak gini cuma nanti dulu deh, masih ingin mematangkan apa yang ingin saya buat," tandasnya. (nin/can/fia)




Kotak, Power Of Indonesian Rock 
BERAWAL dari ajang pemilihan bakat di yahun  2004 silam, Kotak lahir dibidani salah seorang personel Kahitna, Doddy, yang bertindak sebagai produser. Saat itu, Doddy melakukan audisi untuk membentuk format band baru di Indonesia yang terdiri atas drummer, gitaris, bassist, dan vokalis.
Musisi muda terpilih itu kemudian diramu lagi menjadi dua band yaitu Kotak yang personelnya empat orang dan "Lima" yang personelnya lima orang. Nama Kotak memiliki arti empat sisi dan empat sudut yang bersatu menjadi bangunan kotak. Hal itu menggambarkan tentang empat orang yang berbeda tetapi bersatu dalam satu wadah musik.
Formasi band Kotak saat itu bukan seperti yang ada sekarang. Formasi grup band Kotak pertama kali diisi oleh Cella (gitar), Ices (bas), Pare (vokal), dan Posan (drum). Mereka kemudian merilis album pertama berjudul "Kotak".
Pada tahun 2007, Ices dan Pare ternyata memutuskan keluar dari band. Posisi yang kosong kemudian digantikan oleh Tantri pada vokal dan Chua pada bas. Mereka kemudian merilis album keduanya berjudul "Kotak Kedua" pada tahun 2009.
Menurut Tantri, dirinya sempat canggung ketika pertama bergabung dalam band ini. "Karakter vokal Pare sudah melekat di Kotak, aku sempat bingung mau nerusin karakter Pare atau sendiri saja. Tetapi, setelah sering main bareng dan latihan, aku mutusin untuk pakai karakter sendiri," katanya.
Ternyata formasi band baru di album kedua tersebut membawa kesuksesan bagi band Kotak untuk lebih berkibar di industri musik Indonesia. Tidak hanya ring back tone (RBT) yang sudah terjual satu juta. Performa mereka yang memukau di panggung membuat Kotak laris mendapatkan tawaran tur ke berbagai daerah di Indonesia.
Tidak hanya di bidang penjualan, berbagai trofi pun berhasil diraih grup band ini di berbagai ajang penghargaan musik. Pada Anugerah Musik Indonesia ke-12, mereka meraih penghargaan untuk kategori Solo/Duo/Grup Rock Terbaik. Album mereka "Kotak Kedua" juga diganjar penghargaan kategori Album Rock Terbaik.
Mereka juga sukses menyabet kategori Grup/Duo Pendatang Baru Terbaik versi Anugerah Planet Musik (APM) 2009. Terakhir MTV Indonesia Awards menobatkan mereka sebagai Most Favourite Breakhtrought Artist 2009. (can/fia) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar